MEMAKNAI BULAN BAHASA DI SPEGATA

Bulan Oktober adalah bulan yang istimewa bagi kita khususnya pelajar. Mengapa istimewa? Setidaknya ada dua hal yang membuat bulan ini istimewa bagi pelajar. Pelajar adalah usia kategori pemuda. Bulan oktober dideklarasikan sumpah pemuda yang tentunya dicetuskan oleh para pemuda pada masa tersebut. Pelajar sebagai golongan pemuda masa ini juga ingin berbuat sesuatu seperti pemuda pada tahun 1928.

Hal yang kedua yang menjadikan bulan Oktober ini istimewa adalah bahwa deklarasi Sumpah Pemuda memuat satu pernyataan yaitu pengakuan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan Indonesia. Oleh sebab itu bulan Oktober sering dicanangkan sebagai bulan Bahasa dengan tujuan untuk memperkuat Bahasa persatuan kita yaitu Bahasa Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, kita warga SMPN 3 Tuntang sepakat bahwa bulan Oktober ini adalah bulan yang istimewa. Dengan pencanangan bulan Bahasa ini akan banyak hal yang mungkin dilaksanakan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa.

Senada dengan program kesiswaan, OSIS SMPN 3 Tuntang menyambut bulan Bahasa ini dengan melaksanakan serangkaian kegiatan yang diupayakan untuk mencapai tujuan seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Bulan Bahasa di SMPN 3 Tuntang akan diisi dengan aneka lomba yang menguatkan keterampilan berbahasa dan komitmen untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam komunikasi sehari-hari dan dalam penerapan keterampilan berbahasa.

Kegiatan lomba untuk mengisi bulan Bahasa ini meliputi dua kegiatan. Kegiatan pertama terkait dengan penataan administrasi kelas. Administrasi kelas yang dimaksud adalah susunan organisasi kelas, jadwal pembelajaran, jadwal piket dan tulisan motivasi di setiap kelas. Kegiatan ini termasuk kategori literasi karena di dalamnya banyak menggunakan kata-kata yang meningkatkan motivasi siswa.

Kegiatan kedua adalah aneka lomba 3 bahasa. Jenis lomba ini mengangkat Bahasa yang digunakan di SMPN 3 Tuntang. Lomba bidang Bahasa Indonesia mengangak jenis lomba musikalisasi puisi. Musikalisasi puisi adalah apresiasi puisi syair lagu atau membecakan puisi yang diiringi music (jenis music tidak ditentukan). Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari 12 kelas. Musikalisasi puisi dapat dialkukan individua atau kelompok. Sebanyak 12 kelompok tampil dengan musikalisasi yang cukup baik. Jenis lomba ini baru pertamakali dilaksanakan di SMPN 3 Tuntang. Banyak yang merasa senang dan tertantang dengan kegiatan ini. Meskipun pelaksanaannya masih banyak kekurangan namun diharapkan menjadi titik awal yang baik untuk pelaksanaan selanjutnya.

Lomba dalam bidang Bahasa Jawa mengambil jenis lomba dongeng Bahasa Jawa. Jenis lomba ini dipilih karena diharapkan melalui mendongeng bahasa Jawa bisa ditingkatkan keterampilan berbahasa jawa dengan baik dan tepat.dalam mendongeng ini juga dapat ditingkatkan kepercayaan diri dan kreativitas dalam memilih peraga atau pendukung dalam kegiatan mendongeng.

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dipilih jenis lomba pidato. Melalui jenis lomba ini diharapkan peserta dapat memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Inggris yang tepat meliputi pronounciation, intonasi ekspresi dalam menyampaikan pidato. Karena jenis Bahasa yang pada umumnya tidak banyak dikuasai siswa, maka keikutsertaan dalam lomba ini menunjukkan bahwa wakil tersebut memiliki kepercayaan diri yang cukup.

Banyak teman-teman yang merasa senang dengan diadakan lomba ini. Banyak manfaat yang dirasakan melalui kegiatan di bulan Bahasa diantaranya meningkatkan keterampilan berbahasa, mencintai bahasa persatuan, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan kepercayaan diri, meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa, dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Sebagian besar siswa menginginkan kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan di waktu-waktu yang akan datang. Kegiatan semacam ini harapan kami dapat dilaksanakan dengan lebih baik dengan cara mengevaluasi kekurangan yang ada pada kegiatan sebelumnya. Atau jika memungkinkan dapat dipilih alternative kegiatan lain yang lebih menarik dan bermakna untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada siswa SMPN 3 Tuntang.

Penulis :
VERA AZZAHRA KHOIRIYAH (Siswa Kelas IXA SMPN 3 Tuntang)

Musikalisasi Puisi

Musikalisasi Puisi

Peserta Musikalisasi Puisi

Mendongeng Bahasa Jawa

  • Related Posts

    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    Artificial Intelligence (AI) is reshaping the landscape of education, offering personalized learning experiences and innovative teaching methods. This post delves into the various applications of AI in education, from adaptive…

    Bangkit Jiwa dan Negeriku

    Puisi Karya Asih karuniyawati, S.Pd Di negeri iniKugantungkan semua mimpiBukan hanya tempat berpangku tanganDan bermalas-malasan Ingin ku berdiri dan berdiriDan terus berusaha untuk lariBukan hanya berdiam diriDan tidak peduli Kalau…

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Missed

    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    • By demo
    • January 27, 2024
    • 114 views
    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    Bangkit Jiwa dan Negeriku

    • By demo
    • January 18, 2023
    • 41 views

    Mencintai,Usaha, dan Kesuksesan

    • By demo
    • January 18, 2023
    • 25 views

    “Pengolahan Sederhana Sampah Rumah Tangga, Yang dilakukan Siswa SMP N 3 Tuntang

    • By demo
    • December 21, 2022
    • 64 views
    “Pengolahan Sederhana Sampah Rumah Tangga, Yang dilakukan Siswa SMP N 3 Tuntang