IHT SEBAGAI TINDAK LANJUT HASIL SUPERVISI AKADEMIK KURIKULUM MERDEKA

Supervisi akademik dilaksanakan secara kontinyu setiap semester untuk memantau proses pembelajaran yang dilaksanakan guru. SMP Negeri 3 Tuntang menjadwalkan kegiatan supervisi di bulan OKtober pada semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil evaluasi dari kegiatan supervisi akademik untuk implementasi kurikulum merdeka dapat disimpulkan bahwa guru masih belum memahami dalam menyusun KKTP dan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil supervisi perlu ditindak lanjuti agar memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan pembelajaran kurikulum merdeka.

Sebagai tindak lanjut hasil evalusi supervisi akademik kurikulum merdeka, maka sekolah melakasanakan kegiatan In House Training (IHT) Penyusunan KKTP dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Sekolah mengundang narasumber dari Pengawas Sekolah Ibu Eni Riswanti, M.Pd. Kegiatan IHT dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 29 Oktober 2022 dimulai pukul 08.00 WIB. Sampai dengan pukul 15.00 WIB. Tujuan IHT ini :

  1. Meningkatkan kompetensi guru agar dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik dan benar khususnya dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.
  2. Meningkatkan kemampuan guru untuk penyusunan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) untuk asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Kegiatan IHT sesi 1 diawali dengan penjelasan tentang pembelajaran berdiferensiasi dilanjutkan guru secara berkelompok menyusun pembelajaran secara berdiferensiasi. Guru menempelkan hasil diskusi dan dilakukan kegiatan kunjung karya. Kegiatan menumbuhkan antusias guru dalam mengikuti kegiatan IHT dan saling berbagi pemahaman antar mata pelajaran

Sesi 2 narasumber memberikan gambaran bagaimana penyusunan KKTP dengan tiga model yaitu dengan deskripsi, rubrik dan interval. Guru diberi kebebasan untuk menyusun penilaian dengan memilih dari ketiga model tersebut. Kegiatan dilanjutkan guru mempraktekkan penyusunan KKTP untuk asesmen formatif dan asesmen sumatif untuk masing – masing mata pelajaran.

Hasil dari IHT ini guru dapat menyusun modul dengan pembelajaran berdiferensiasi dan guru dapat menyusun KKTP untuk asesmen formatif dan asesmen sumatif. Harapannya guru selalu meningkatkan kompetensinya agar pelaksanaan kurikulum merdeka dapat berjalan baik tentunya akan meningkatkan mutu pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta sesuai dengan karateristiknya.

 

  • Related Posts

    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    Artificial Intelligence (AI) is reshaping the landscape of education, offering personalized learning experiences and innovative teaching methods. This post delves into the various applications of AI in education, from adaptive…

    Bangkit Jiwa dan Negeriku

    Puisi Karya Asih karuniyawati, S.Pd Di negeri iniKugantungkan semua mimpiBukan hanya tempat berpangku tanganDan bermalas-malasan Ingin ku berdiri dan berdiriDan terus berusaha untuk lariBukan hanya berdiam diriDan tidak peduli Kalau…

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Missed

    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    • By demo
    • January 27, 2024
    • 114 views
    AI in Education is Transforming Learning Experiences

    Bangkit Jiwa dan Negeriku

    • By demo
    • January 18, 2023
    • 41 views

    Mencintai,Usaha, dan Kesuksesan

    • By demo
    • January 18, 2023
    • 26 views

    “Pengolahan Sederhana Sampah Rumah Tangga, Yang dilakukan Siswa SMP N 3 Tuntang

    • By demo
    • December 21, 2022
    • 64 views
    “Pengolahan Sederhana Sampah Rumah Tangga, Yang dilakukan Siswa SMP N 3 Tuntang