SEKILAS INFO
25-09-2022
  • 1 tahun yang lalu / Terima kasih atas kunjungan Kepala SMKN 1 Tuntang di SMPN 3 Tuntang
  • 1 tahun yang lalu / Website ini dibangun atas kerjasama SMPN 3 Tuntang dengan SMKN 1 Tuntang
29
Jan 2022
0
SENANG BELAJAR MATEMATIKA  DENGAN UTANG – BAR ( ULAR TANGGA BENTUK ALJABAR)

Oleh : SRI HARIYANTI, S.Pd

Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah kehidupan, alam untuk kebahagiaan seluruh umat manusia. Matematika sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Siswa diharapkan mampu menguasai konsep dan memahami teori dan serta prinsip-prinsip penerapannya. Siswa diharapkan mampu menjadi manusia yang dapat berpikir secara logis, kritis, rasional dan dan percaya diri. Namun pada kennyataannya banyak masalah di lapangan yang sering dialami guru dalam pembelajaran matematika. Matematika masih menjadi momok yang membuat siswa enggan untuk mempelajari bahkan cenderung menghindari.

Sehubungan dengan hal tersebut kiranya perlu dibuat alat atau media yang mampu menghilangkan matematika sebagai momok bagi siswa terutama jika sampai pada materi aljabar. Pada materi bentuk aljabar siswa dituntut untuk bisa mengganti atau mensubtitusi bilangan sehinggga kalimat matematikanya bernilai benar. Dalam hal ini agar siswa terampil dalam mengganti atau mensubtitusi bilangan pada bentuk aljabar, maka bisa dengan menggunakan atau membuat media/permainan edukasi yaitu UTANG ( ULAR TANGGA) BENTUK ALJABAR.

Permainan Ular Tangga Bentuk Aljabar bisa dibuat sendiri dengan tampilan yang lebih menarik. Adapun tujuan dalam permainan ini adalah :a. media diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar dengan cara mengubah metode pembelajaran yang terpusat pada`guru (teacher oriented ) menjadi berpusat pada siswa (teacher oriented) b. siswa akan lebih mudah menikmati kegiatan pembelajaran dengan keasyikan tersendiri dibandingkan dengan metode ceramah biasa. c. dengan bermain Ular Tangga Aljabar siswa dapat bermain sambil belajar mengingat aljabar yang sifatnya abstrak, d. menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bervariasi.

Dalam bermain ular tangga bentuk aljabar adalah seperti pada permainan
ular tangga pada umumnya. Tetapi mata dadu dibuat dengan menuliskan angka-angka satu sampai enam, karena angka-angka tersebut nanti disubtitusikan atau untuk mengganti variabel bentuk aljabar pada papan ular tangga yang ada bentuk aljabarnya. Jumlah pemain dalam ular tangga bentuk aljabar maksimum empat orang. Tiap orang diberi kesempatan main dengan melempar dadu sesuai urutannya. Pada papan ular tangga bentuk aljabar jika n adalah mata dadu yang muncul (1,2,3,4,5,6 ), untuk langkah pertama menentukan posisi sesuai dengan mata dadu yang keluar. Jumlah langkah pemain sesuai dengan hasil angka yang didapat setelah mengganti n pada persamaan yang tepat disaat pemain berhenti

Apabila hasil angka yang didapat 0, maka pemain tidak dibenarkan berjalan dan hanya diam ditempat. Apabila pemain berhenti pada kotak 5n dan setelah melepar dadu muncul mata dadu 5 maka artinya pemain melangkah dengan cara subtitusi n diganti 5 maka hasilnya 5 x 5 = 25. Jadi pemain melangkah sejauh 25 langkah. Jika hasil angka yang didapat positif maka pemain berjalan maju, tapi jika hasilnya negatif maka pemain berjalan mundur. Jika langkah pemain berhenti pada kotak yang berisi gambar maka maju senilai n, Jika ada pemain yang berada di papan yang sama maka pemain yang berada sebelumnya harus kembali ke nol ( tertubruk ). Begitu seterusnya sampai pemain mencapai finish, dan pemain yang mencapai finish pertama maka itulah pemenangnya.

Dengan belajar sambil bermain siswa lebih antusias dan senang dalam mengikuti pelajaran matematika dan dengan adanya permainan ini pada waktu istirahat banyak anak yang mau bermain ular tangga bentuk aljabar karena kalau belum menang mereka penasaran.

Semoga permainan ular tangga bentuk aljabar ini bisa bermanfaat pada pembelajaran matematika dan bisa menginspirasi untuk mata pelajaran yang lain.

Pengunjung

  • 2
  • 107
  • 3.554
  • 35.278

Data Sekolah

SMPN 3 Tuntang Kabupaten Semarang

NPSN : 20320278

Desa Beran, Karangtengah,
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773

Kalender

Januari 2022
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31