SEKILAS INFO
04-12-2021
  • 7 bulan yang lalu / Terima kasih atas kunjungan Kepala SMKN 1 Tuntang di SMPN 3 Tuntang
  • 7 bulan yang lalu / Website ini dibangun atas kerjasama SMPN 3 Tuntang dengan SMKN 1 Tuntang
19
Nov 2021
0
Menulis Puisi dengan Metode Imajinasi - Sugesti

Menulis Puisi  Metode Sugesti – Imajinasi

Karya Asih karuniyawati

SMP Negeri Tuntang

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang mengandung irama, ritmi, diksi, lirik serta menggunakan kata kiasan dalam setiap bait untuk menciptakan estetika Bahasa yang padu. Puisi memiliki usur fisik seperti diksi( pilihan kata), majas ( gaya Bahasa yang berbentuk kiasan), Rima ( unsur bunyi), citraan atau imajinasi. Seringkali materi puisi ini menjadi momok bagi siswa baik dalam penulisan maupun pada saat pembacaan, banyak sekali yang menjadi keluhan mereka dan mencatat keluhan -keluhan mereka yang diantaranya kesulitan menentukan tema, kesulitan merangkai kata, kesulitan membahasakan ide baru, kesulitan membuat judul dan mencari diksi. Hal-hal tersebut memotivasi kami untuk berusaha mencari solusi agar kesulitan yang siswa-siswa kami alami bisa teratasi.

Kami mencoba memberikan media teks puisi rumpang kemudian siswa kami minta untuk melengkapi, pada kesempatan lain kami mencoba mengajak mereka menulis sendiri setelah melalui pengisian rumpang. Hal ini sudah sedikit memberikan perkembangan kepada siswa dalam hal menulis. Kami kemudian mencarik trik baru lagi yang lebih memotivasi siswa untuk menulis dan akhirnya kami menemukan Teknik Belajar Metode Sugesti-Imajinasi

Pada prinsipnya, metode sugesti-imajinasi adalah metode pembelajaran menulis dengan cara memberikan sugesti lewat lagu untuk merangsang imajinasi siswa. Dalam hal ini, lagu digunakan sebagai pencipta suasana sugestif, stimulus, dan sekaligus menjadi jembatan bagi siswa untuk membayangkan atau menciptakan gambaran dan kejadian berdasarkan tema lagu. Respons yang diharapkan muncul dari para siswa berupa kemampuan melihat gambaran-gambaran kejadian tersebut dengan imajinasi-imajinasi dan logika yang dimiliki lalu mengungkapkan kembali dengan menggunakan simbol-simbol verbal.

Sebelum Teknik Belajar Metode Sugesti-Imajinasi kami coba lakukan dulu sebelum kami praktekkan pada siswa sengaja kami pratekkan terlebih dahulu. Kami pilih sebuah lagu yang sekarang ini baru hits

Mama…mama

Dimanakah kau berada?

Mama… mama ingin sekali ku bertemu

Hachi anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya di malam yang sangat dingin teringat mamaaa…

Dari lagu itu kami mencoba menulis sebuah puisi

 

TAKDIR

Perpisahan

Keberhasilan

Kesuksesan

Jodoh

Rizki

Dan kematian merupakan rahasia tuhan.

Tak tahu kapan datang

Tak tahu kapan akan hilang

Walaupun kita persiapkan

Kita rencanakan

Tetapi tetap Tuhan yang menentukan.

 

Dengan percobaan kami, kami yakin bisa membantu siswa untuk mempermudah menerima materi puisi yang selama ini sering menjadi momok. Rancangan pembelajaranpun berusaha kami susun.

Rancangan pembelajaran. Tahap kedua (pelaksanaan) terdiri dari langkah-langkah Pretes(untuk mengukur kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki siswa), Penyampaian tujuan pembelajaran, Apersepsi ( menjelaskan hubungan antara materi yang telah diajarkan dengan materi yang akan diajarkan), Penjelasan praktik pembelajaran dengan media lagu, Praktik pembelajaran, Pascates( Siswa menulis sebuah karangan tanpa didahului dengan kegiatan mendengarkan lagu) dan Evaluasi.

Keunggulan: a. Pemilihan lagu yang bersyair puitis membantu para siswa memperoleh model dalam pembelajaran kosakata b. Pemberian apersepsi tentang keterampilan mikrobahasa yang dilanjutkan dengan pembelajaran menulis menggunakan metode sugesti imajinasi dapat diserap dan dipahami dengan lebih baik oleh para siswa. c. Sugesti yang diberikan melalui pemutaran lagu merangsang dan mengkondisikan siswa sedemikian rupa sehingga siswa dapat memberika respons spontan yang bersifat positif., mengorganisasikannya, dan memberikan tanggapan berupa ide-ide atau konsep-konsep baru mengenai pengalaman atau fakta-fakta tertentu d. Peningkatan penguasaan kosakata, pemahaman konsep-konsep dan teknik menulis,serta imajinasi yang terbangun baik berkorelasi dengan peningkatan kemampuan siswa dalam membuat variasi kalimat.

Metode Sugesti-Imajinasi kami coba lakukan mempunyai hasil yang menggembirakan, ternyata metode tersebut begitu memotivasi siswa kami.

Peserta Menulis Junal Ilmiah Dan Artikel Ilmiah Populer bagi Guru SMP MAPEL Bahasa Indonesia.

 

Pengunjung

  • 0
  • 91
  • 1.977
  • 12.434

Data Sekolah

SMPN 3 Tuntang Kabupaten Semarang

NPSN : 20320278

Desa Beran, Karangtengah,
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773

Kalender

November 2021
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930