
UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBUAT TEKS RECOUNT
DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
KELAS VIII SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019 /2020
Oleh :
Nama : Daryati, S.Pd
NIP. : 19691230201406 2 001
Menulis adalah salah satu ketrampilan berbahasa yang sulit bagi siswa karena kegiatan ini untuk menghasilkan kreasi dalam penulisan yang menunjukkan semua elemen dalam semua tujuan bahasa seperti : tata bahasa, isi, kerangka bacaan, tujuan,kosakata, pengejaan dan teknik. Karena hal tersebut sangat lengkap, murid-murid mempunyai kesulitan dalam melakukan kegiatan ini. Salah satu jenis keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris adalah Teks Recount. Dalam kenyataannya, siswa mengalami kesulitan dalam membuat Teks Recount adalah berdasarkan hasil ulangan Teks Recount tahun 2020 dari siswa kelas VIIIA yang menuntaskan KKM adalah 12 siswa dan yang belum menuntaskan KKM adalah 15 siswa.
Dilihat dari penilaian proses pada siklus I ini masih terdapat 4 siswa yang kurang aktif sehingga sebanyak 14 % belum mencapai KKM. Sedangkan dari hasil penilaian ulangan haian diperoleh nilai rata-rata 70 dan masih terdapat 4 siswa yang mendapat nilai < 74 atau sekitar 14 % belum mencapai KKM.
. Hasil rata-rata nilai harian pada siklus 1 adalah 70 dengan persentase ketuntasan belajar 14 %. Pada siklus II, nilai harian naik menjadi 75 dengan ketuntasan belajar 85 %.
Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning)
- Langkah – 1 : Penentuan proyek (Guru bersama peserta didik menentukan tema/topik proyek.
- Langkah -2 : Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek.
Guru menfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian proyek beserta pengelolaannya.
- Langkah – 3 : Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek.
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah diirancangnya.
- Langkah – 4 : Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru.
Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan rancangan proyek yang telah dibuat.
- Langkah – 5 : Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek.
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan memplubikasikan hasil karya.
- Langkah – 6 : Evaluasi proses dan hasil proyek.
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek.
Berdasarkan hasil pemantauan dari guru Bahasa Inggris, siswa belum mengetahui teknik penulisan Teks Recount yang benar dan keaktifan siswa dalam menulis cerita masih sangat rendah. Melalui upaya meningkatkan pengendalian diri siswa dalam upaya menulis Teks Recount yang benar maka siswa diberi bimbingan kelompok. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan teknik diskusi, langkah-langkah diskusi dan teknik tutor teman sebaya. Pengertian bimbingan kelompok adalah pembimbingan yang terdiri dari beberapa siswa yang bersama-sama melakukan kegiatan yang terarah, sistematik dan mempunyai tujuan tertentu. Pembimbingan kelompok dilakukan dengan cara : dialog interaksi, ceramah,dan diskusi.
Refleksi terhadap tindakan yang dikemukakan bahwa selama pembelajaran, guru Bahasa Inggris sudah menggunakan pembelajaran berbasis proyek, sehingga berakibat rata-rata hasil nilai ulangan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan analisis dan refleksi tersebut diatas disusun rencana pembelajaran yang memungkinkan daya tangkap melalui pembelajaran berbasis proyek akan mudah dipahami dengan harapan hasil belajar bahasa Inggris dalam ketrampilan menulis Teks Recount yang diperoleh siswa bisa meningkat.